19 Tips Maksimalkan Windows 10 Supaya Performanya Tidak Lemot

11 Tips Maksimalkan Windows 10- Supaya Performanya Tidak Lemot Kini Windows 10 merupakan struktur operasi teranyar Microsoft yang paling

19 Tips Maksimalkan Windows 10 Supaya Performanya Tidak Lemot

Kini Windows 10 merupakan struktur operasi teranyar Microsoft yang paling banyak difungsikan di seluruh dunia.

Walau Windows 10 tergolong lebih bisa cepat ketimbang pendahulunya, bukan berarti laptop kalian tahan di kapabilitas yang lemot.

Tips-Maksimalkan-Windows-10 Supaya-Performanya-Tidak-Lemot

Ada 19 tips yang bisa dilakukan buat tambah perform Windows 10 di laptop atau PC. Berikut jalannya:

1. Restart Laptop/PC

Apabila kalian merupakan model orang yang selalu hidupkan laptop atau PC hingga beberapa waktu, coba laksanakan cara ini.

Windows 10 bakal membikin display laptop ke style sleep, namun semuanya proses yang mulanya dimulai bakal jadi bersambung. Ini bisa melambankan computer dan terakumulasi.

Kalian bisa membereskan issu ini dengan mematikan laptop atau PC tiap-tiap hari sehabis habis dipakai.

Tidak boleh sampai lupa optimis semuanya program yang berjalan udah ditutup serta letakkan data yang kalian melakukan.

2. Up-date Windows 10

Microsoft selalu melaunching up-date buat Windows 10 yang ditujukan buat membereskan bug yang melambankan perform prosedur.

Sejumlah up-date ini terhitung minor namun juga ada yang membawa perbaikan bermakna di efisiensi prosedur dan perform.

3. Tonton Program Waktu Booting

Windows 10 jadi lambat sebab jumlah program langsung berjalan automatic waktu laptop atau PC dihidupkan.

Buat mempercepat booting di Windos 10 kalian bisa awasi program apa yang bisa berjalan waktu booting.

Caranya buka Task Eksekutif serta klik tab Startup. Di sini kalian bisa saksikan program apa yang berjalan waktu startup serta bagaimana resikonya di perform laptop.

4. Melakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup selaku utility yang bisa membantu kalian menghapus file-file yang tak dikehendaki seperti file sementara, halaman web off file installer, dan line. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start serta klik Disk Cleanup.

5. Hapus Program yang Tak Difungsikan

Program yang tak difungsikan mengkonsumsi tempat di harddisk kalian serta bisa turunkan perform Windows 10.

Buat saksikan program apa yang terpasang di perangkat kalian buka Control Panel > Programs > Programs and Spesifikasis > Uninstall a Program.

6. Matikan Special Effects

Windows 10 miliki banyak animasi serta pengaruh spesial yang ditampakkan. Namun animasi serta pengaruh grafis ini malahan membikin laptop kalian jadi lemot.

Untungnya, ada cara ringan buat menonaktifkannya atau mengontrol. Cukup masuk di Control Panel > Struktur and Security > Struktur > Advanced struktur settings. Setelah itu masuk di tab Performnce serta kalian bisa putuskan alternatif yang mana pengin tak diaktifkan.

7. Upgrade RAM

Perform perangkat serta Windows 10 dapat dinaikkan secara bermakna dengan menambah kapabilitas RAM.

Apabila merasa laptop kalian udah lemot kritis, coba pindah dengan RAM punya ukuran bertambah besar yang disejajarkan dengan kebutuhan kalian tiap-tiap hari.

8. Gunakan SSD

Harddisk drive (HDD) biasa peluang benar-benar lebih murah, namun solid-state drive (SSD) bisa membikin proses startup laptop serta proses kerjakan program bertambah cepat.

Pasalnya SSD memanfaatkan memori Flash yang miliki kapabilitas menulis serta akses dapat lebih bisa cepat ketimbang HDD yang memanfaatkan disk magnetized.

9. Cek Virus serta Spyware

Virus, spyware serta malware tidak hanya berdampak buat keamanan namun dapat juga membikin perform laptop kalian jadi lemot.

Instal program antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender yang udah terpasang buat periksa apabila laptop kalian terkena virus serta melindunginya tiap-tiap waktu.

10. Pindah Seting Daya

Cara mengatasi Windows 10 yang lemot dengan ganti penyusunan daya battery. Caranya masuk di Control Panel > Struktur and Security > Power Options.

Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan buat tunjukkan "additional plans" serta pastikan alternatif High Performnce.

11. Melakukan Perawatan Prosedur

Windows 10 miliki servis built-in yang bisa kerjakan perawatan prosedur teratur seperti defragmenting harddisk, scan up-date periksa malware dan anyar.

Task sesuai ini kebanyakan berjalan di background, namun apabila kalian merasa ada perbaikan di perform prosedur kalian bisa menangkapnkannya lewat dengan manual.

Caranya buka menu Control Panel setelah itu pastikan menu Struktur and Security. Setelah itu pastikan Security and Perawatan, klik tanda panah yang perlihatkan alternatif perawatan.

Setelah itu klik Start Perawatan.

12. Matikan spesifikasi search indexing di Windows Explorer

Windows 10 secara automatic melakukan pengindeksan file-file yang ada di hard disk kita. Proses ini berjalan di background sampai kita tidak bisa menyaksikannya.

Secara teori, search indexing ini memungkinnya kita buat melakukan penyelusuran file di hard disk dengan dapat lebih cepat. Namun buat kalian yang miliki terperinci ngepas, spesifikasi ini kadangkala malahan membikin loading Windows 10 bertambah lebih lambat dari seharusnya. Manalagi apabila file di hard disk kita udah banyak.

Buat tambah perform Windows 10 bertambah cepat kita bisa mematikan spesifikasi search indexing ini. Caranya dengan masuk di menu Services, tekan tombol Windows + R > tuliskan services.msc

Kalian bakal saksikan banyak service yang ada di prosedur Windows, mengambil ke bawah hingga merasa service namanya Windows Search > klik kanan > pastikan Properties > General > di sisi Services posisi klik Stop > OK

Restart dulu komputernya.

Lalu masuk di menu Indexing Options, caranya tuliskan "indexing" di Windows search bar lalu pastikan Indexing Options > Modify > hapus semuanya cheklist di alternatif Change selected locations > OK.

Baca Juga : Cara mengatasi laptop blue screen windows 7

13. matikan indexing service biar windows 10 tak lambat

Terkecuali mematikan spesifikasi search indexing, kita dapat juga mempercepat loading Windows Explorer dengan mematikan spesifikasi Automatic Folder Model Discovery. Spesifikasi ini miliki bug yang menimbulkan loading Windows jadi lemot.

14.Matikan spesifikasi Windows Tips and Cara Suggestions

Cara mempercepat loading Windows 10 yang lambat selanjutnya dengan mematikan spesifikasi Tips and Cara Suggestions. Spesifikasi ini kenyataannya tidak demikian kita butuh serta kadangkala malahan membikin loading Windows 10 kita jadi lemot.

Cara buat mematikannya dengan masuk di menu Notifications serta actions, tuliskan "notifications" di Windows search bar > pastikan menu Notifications and actions settings > matikan spesifikasi Get tips, caras, and suggestions as you use Windows

Di alternatif Show me the Windows welcome experience... dapat juga kalian matikan sebab spesifikasi ini tidak demikian penting.

15. Turunkan waktu Boot Menu Time-Out biar loading Windows 10 dapat lebih bisa cepat waktu dihidupkan

Buat mempercepat loading Windows 10 di kali pertamanya dihidupkan kita dapat juga turunkan Time-Out di Boot Menu.

Jadi di waktu booting, Windows secara automatic berikan kita waktu buat terjalin Boot Menu; seperti pilihan buat masuk di safe recovery bentuk atau bentuk. Secara standard waktu yang dikasih merupakan 30 detik.

Buat mempercepat loading Windows waktu dihidupkan kita bisa turunkan waktu Time-Out ini.

Caranya dengan masuk di Advanced Struktur Settings > pastikan tab Advanced > di alternatif Startup and Recovery pastikan Settings > turunkan waktunya menjadi 10 detik > OK.

turunkan waktu boot menu biar loading Windows 10 dapat lebih bisa cepat waktu dihidupkan

Berapakah nilai yang sesuai silakan kalian sepertikan sendiri, apabila 10 detik di rasa demikian cepat sebab itu bisa dinaikkan jadi 15 detik. Setelah itu restart komputernya.

16. Bersihkan struktur registry serta file sampah di Windows 10 secara periodik

Buat tambah perform biar lebih kuat kita mesti membersihkan file sampah di Windows 10 dengan teratur. File-file sampah seperti cache, file duplikat, temporary file, struktur registry, serta leftover file yang tak dibuat bersih bisa menumpuk serta membikin prosedur jadi berat. Menimbulkan loading Windows 10 kita bakal merasa lebih lambat dari semestinya.

Buat membersihkan file sampah ini kita bisa memanfaatkan program cleaner terhebat buat Windows 10 yang bisa diterima dengan gratis.

Di Windows 10 ada juga program cleaner bawaan yang bisa difungsikan buat membersihkan file sampah di hard disk, namanya Penyimpanan Sense.

Cara memanfaatkan cleaner bawaan di Windows 10 ini sungguh-sungguh ringan,langsung tuliskan "penyimpanan" di Windows search bar lalu pastikan menu Penyimpanan settings > di sisi Penyimpanan sense > klik Free up tempat now.

bersihkan file sampah di Windows 10

Kedepannya Windows secara automatic bakal mengenali file-file sampah yang bisa dibuat bersih, apabila proses scanning udah habis klik tombol Remove files.

17. Gunakan program booster sewaktu main game berat

Buat bikin lancar game berat di Windows 10 kita bisa memanfaatkan program game booster seperti Razer Cortex Game Booster yang bisa diterima dengan gratis.

Program game booster ini bekerja dengan membersihkan RAM dari sejumlah program yang berjalan di background serta tidak demikian diperlukan sewaktu main games. Resikonya benar-benar cukup merasa, manalagi kita mempunyai RAM yang ngepas.

Sehabis habis main game, laksanakan restore ingatan biar tak ada error di program yang lain.

18. Melindungi Windows 10 masih bersih dari virus serta malware dengan mengupdate Windows Defender secara periodik

Satu diantaranya pembawa loading Windows 10 yang lambat merupakan infeksi virus serta malware di computer kita.

Kadangkala kita tak sadar apabila Windows kita udah terserang, peluang pengaruh pertama yang dirasakan cuma loadingnya sebagai lemot. Namun apabila ini didiamkan dapat membikin Windows jadi korup serta menimbulkan masalah yang lainnya lebih fatal seperti tidak sukses blue screen atau startup.

Buat menjaga Windows masih bersih dari virus serta malware kita bisa mengandalkan antivirus bawaan ialah Windows Defender. Sejauh kita mengamatinya masih up-date, Windows Defender ini cukup bagus buat menghindari serangan virus.

Cara up-date Windows Defender bisa dilakukan lewat menu Windows Up-date Settings > Periksa for up-dates.

up-date windows defender

Kalian bisa melakukan pengecekan dengan manual buat peroleh up-date dengan dapat lebih cepat.

19. Melakukan Troubleshooter buat pahami sumber masalah yang membikin Windows 10 jadi lambat

Apabila semuanya trik di atas udah dilakukan namun perform Windows 10 masih lambat, bisa jadi pemicunya merupakan prosedur yang korup atau ada masalah yang lainnya kita tak paham.

Cara buat mengatasinya bisa dengan kerjakan spesifikasi Troubleshooter dari Windows. Caranya masuk di Troubleshoot settings > melakukan troubleshooter di sisi yang disangka selaku pembawa Windows jadi lemot.

Dari hasilnya kalian peluang peroleh tips buat melakukan perbaikan. Windows kebanyakan menawarkan alternatif perbaikan automatic yang bisa dipakai.

Itu 19 cara mengatasi Windows 10 yang lemot dan lambat yang bisa saya kasih peluang ini. Meski memanfaatkan technologi sangat up-date, Windows 10 kadangkala bisa jadi sungguh-sungguh lemot. Moga-moga tips di atas bisa membantu teman-teman semua.

Baca Juga