-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Pada Netbook dan PC

Daftar Isi [Tutup]

    7 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Pada Netbook dan PC

    Salah satunya persoalan yang kerap ada untuk pemakai windows ialah ada Blue Screen. Permasalahan yang ini bisa terjadi dan menyerbu baik itu pada computer atau netbook. Blue screen atau yang sesungguhnya namanya Blue Screen of Death (BSOD) ialah keadaan di mana Windows cuman akan munculkan warna biru pada monitor monitor. BSOD ini tampil karena ada sebuah kekeliruan yang ada di software atau hardware yang ada di netbook atau computer itu.

    7 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Pada Netbook dan PC

    Pemicu dari Blue Screen of Death

    Pemicu eror pada netbook atau computer memang umumnya terjadi pada software atau hardware yang ada di netbook dan computer. Begitupun dengan Blue Screen of Death atau BSOD ini. Pemicu dari BSOD ini bisa juga karena adanya kerusakan baik itu pada hardware atau software yang alami jatuh begitu kronis. Jatuh ini muncul karena ada proses saat Windows berjumpa dengan Error STOP yang selanjutnya mengakibatkan ketidakberhasilan dari berprosesnya Windows dan mengakibatkan Windows stop untuk bekerja. Saat ini terjadi, umumnya langsung akan dilaksanakan restart pada netbook atau computer itu. 

    Memang, masalah yang tampil bukan hanya pada Windows 7 ini sedikit menyebalkan dan kemungkinan mengganggu pekerjaan yang anda kerjakan. Apa lagi saat anda masih menulis atau lakukan pekerjaan dengan computer anda yang nanti apa yang anda lakukan akan lenyap karena anda tidak ada peluang untuk simpan data anda itu. Saat Blue Screen of Death ini akan tampil adanya penampilan mengenai jatuh yang terjadi pada Hardisk yang disebutkan dengan Minidump. Nah, saat ini terjadi cara pertama yang perlu anda jauhi ialah tidak boleh panik dan melakukan tahap-tahap cara membenahi Blue Screen of Death di bawah ini.

    Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

    Cara pertama untuk memberi bantuan saat computer telah alami permasalahan sebagai berikut;

    1. Kerjakan Restart Computer

    pertama yang harus dilaksanakan dengan lakukan restart lebih dulu pada computer atau netbook. Restart dilaksanakan dengan cara pencet tombol restarst selanjutnya nantikan.

    Nantikan sampai computer atau netbook usai lakukan booting. Sesudah booting usai bila computer memanglah belum alami kerusakan yang kronis langsung akan normal kembali. Tetapi, saat cara ini tidak dapat mengatasi Blue Screen of Death, karena itu seterusnya anda dapat lakukan cara yang ke-2 di bawah ini.

    2. Memakai Cara Sistem Restore

    Kecuali restart, bantuan pertama yang dapat dilakukan saat computer atau netbook barusan alami Blue Screen dengan lakukan sistem restore pada computer.

    1. Matikan Computer atau Netbook Lebih dulu

    Pertama kali, matikan lebih dulu computer yang telah munculkan blue screen barusan dengan cara pencet power button yang ada di computer selanjutnya tahan sampai computer pada kondisi off yang prima. 

    2. Hidupkan kembali computer atau netbook

    3. Click F8

    Sesudah computer dinyalakan pada kondisi booting click F8. Selanjutnya anda akan masuk di dalam jendela yang memberikan opsi booting. (Baca : Peranan Tombol F1 sampai F12)

    4. Tentukan Safe Mode

    PIlih booting safe mode selanjutnya nantikan sampai booting safe model usai.

    5. Masuk di Operasi Mekanisme Safe Model

    Untuk sistem ini seterusnya yang perlu anda kerjakan ialah click start windows >> control panel >> sistem dan security >> action center >> recovery >> open sistem restore >> next >> next >> finis >> yes. 

    6. Computer Restart Automatis

    Selanjutnya computer atau netbook akan lakukan restart dan diamkan saja netbook dan computer lakukan booting tertentu. 

    Bila cara ini sukses selanjutnya anda akan memperoleh penampilan computer yang normal dan tidak lagi ada dumping memori atau Blue Screen of Death.

    3. Memakai Cara Repair Sistem Operasi Windows

    Bila cara di atas belum sukses untuk kembalikan Windows 7 dalam netbook atau kmputer pada keadaan yang sebelumnya, selanjutnya anda dapat lakukan cara ke-2 yakni dengan memakai sistem Repair Sistem Operasi Windows. Untuk cara ini dipakai untuk mengatasi permasalahan Blue Screen of Death yang umumnya muncul karena ada file windows yang corrupt. Cara ini membutuhkan DVD operasi sistem Windows yang selanjutnya dipakai untuk lakukan repair pada windows.

    4. Memakai Cara Instal Up-date Driver

    Bila netbook atau computer masih alami Blue Screen of Death juga bisa dilaksanakan pembaruan dengan cara lainnya yakni dengan memasang up-date driver. Hampir serupa dengan lakukan repair, perbedaannya untuk install up-date driver ini karena karena ada jatuh karena up-date yang tidak pas atau ada up-date yang masih belum usai. Cara untuk lakukan ini dengan lakukan unduh driver terkini dari piranti yang anda punyai. Dengan cara dapat mengatasi permasalahan BSOD dan computer kembali sembuh.

    5. Memakai Cara Scan Malware

    Ada cara lain kembali, jike memang up-date atau repair belum memberi hasil baik dan belum memberikan computer yang lebih baik. Triknya dengan Scan Malware. Malware bisa juga jadi salah satunya pemicu yang mengakibatkan Windows alami ketidak stabilan dari mekanisme. Malah malware ini dapat menghancurkan sisi terdalam Windows atau sisi yang paling dahulu dari Windows. Untuk menanganinya, jalan keluarnya dengan lakukan scan antivirus pada Malware.

    6. Memakai Cara mengecek Hardware

    Jika saja belum balik ke model yang sebelumnya walau telah lakukan pembaruan dengan memakai software karena itu selanjutnya yang perlu anda lihat ialah sisi hardware dari computer. Anda dapat lakukan pengujian di bagian hardware dengan lakukan check di bagian Hard disk lebih dahulu. Hard disk yang mempunyai keadaan yang telah hancur atau buruk bisa juga mengakibatkan berlangsungnya Blue Screen of Death pada netbook atau paga computer. 

    Bila hard disk tidak teridentifikasi permasalahan yang bermakna, karena itu selanjutnya anda bisa juga lakukan pengujian pada RAM yang ada di computer atau netbook. Cara untuk lakukan pengujian Hard disk atau RAM ini dengan membuka Start Menu selanjutnya tuliskan Memori Diagnostics Tool. (Baca : Pemicu RAM PC Penuh , Bahasa Pemrograman Situs Paling Terkenal)

    7. Memakai Cara Instal Ulang Windows

    Bila netbook atau computer masih belum membuat netbook atau computer jadi pada keadaan yang bagus dengan lakukan install ulangi windows. Cara ini ialah cara untuk membuat ulangi Windows yang ada di netbook atau computer hingga tidak kembali alami kerusakan seperti Blue Screen of Death. Tetapi, bila cara ini belum sukses karena itu permasalahannya ialah berada pada hardware dari piranti computer anda

    Nah, itu 7 langkah mengatasi notebook blue screen yang bisa Anda pakai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi notebook blue screen.


    Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Pada Netbook dan PC"