-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara menulis opini di media online

Daftar Isi [Tutup]

    Cara menulis opini di media online

    Langkah Menulis Opini yang Baik Supaya Keluar di Media Bikin dan Media Online - Menulis opini adalah satu bentuk tulisan yang mengemukakan opini, penglihatan dan pengetahuan, riset pada sebuah permasalahan atau sektor pengetahuan tertentu. Pada intinya maksud menulis opini supaya banyak dibaca oleh beberapa orang hingga bisa ketahui apa penulis opini kita pada permasalahan atau realita yang terjadi.

    cara menulis opini di media online
    ilustrasi penulisan opinion


    Sewaktu masih jadi mahasiswa calon sarjana dahulu saya kerap menulis opini dan mengirimi ke media cetak lokal wilayah rumah saya dan semua tulisan pendapat yang saya kirim diedarkan oleh beberapa media cetak yang ada.

    Sebuah kebahagiaan yang paling mengagumkan saat membaca tulisan pendapat saya di media cetak saat itu. Waktu itu cuman main-main mengirimi tulisan ke media massa itu lewat e-mail, atau alamat email memang waktu itu sedang suka-sukanya menulis, terhitung menulis opini.

    Siapa kira, tulisan pendapat saya diedarkan dan saya sendiri ketahuinya dari rekan yang membaca koran hari itu. Segera saya ke toko dan beli koran itu sebagai dokumentasi dan kenangan untuk tersimpan individu.

    Langkah Menulis Opini

    Menulis opini termasuk gampang, kenapa ? karena pada konsepnya kita teknik penulisan mengenai suatu hal yang kita ketahui atau kuasai dan bisa merangkai sebuah kata kata. Misalkan anda seorang pengamat lingkungan hidup dan dalam satu saat terjadi permasalahan lingkungan di wilayah tempat anda tinggal. Secara pengetahuan anda tentu memahami mengenai lingkungan hidup dan permasalahan yang terjadi karena itu anda bisa menulis opini berkaitan opini dan pengetahuan anda berkaitan permasalahan itu.

    Menulis opini yang dimengerti

    Sudah saya singgung di atas jika menulis opini bermakna menulis apa yang paling anda ketahui atau disiplin pengetahuan anda. Misalkan saya saat menulis opini waktu jadi mahasiswa pengetahuan kehutanan hingga pendapat yang saya catat saat itu berkaitan opini saya mengenai lingkungan hidup dan pembangunan.

    Gambar di atas ialah dokumentasi tulisan pendapat saya saat itu, nampak telah kusam karena sudah lumayan lama. Umumnya tulisan pendapat kita akan keluar dalam topik judul tamu atau penulis tamu pada media bikin.

    Bila anda seorang sarjana hukum karena itu bisa menulis opini mengenai beberapa masalah hukum yang terjadi begitupun untuk disiplin pengetahuan lainnya menulis seperti pengkajian materi anda berkaitan kejadian yang terjadi.

    Dengan demikian, tulisan pendapat yang kita bikin jadi berarti dengan muatan materi yang bagus hingga makin lebih memudahkan sebuah media bikin atau media online supaya ingin mengeluarkan tulisan kita.

    Menulis opini yang beretika

    Walau tulisan pendapat kita adalah opini yang dapat meliputi kritik, tetapi harus dikatakan secara santun. Maknanya tulisan kita tidak mempunyai tendensi negatif. Bila saat menulis opini ada kritika, karena itu pakailah kalimat yang bagus tanpa cacian atau cercaan supaya media bikin atau online akan suka mengeluarkan atau masukkan tulisan kita dalam cetakan koran mereka.

    Di media cetak atau media online mempunyai editor, saat mereka menyaksikan ada kalimat cercaan dalam tulisan opini kita karena itu bisa mereka akan mengabaikan tulisan kita dan menyaksikan tulisan pendapat dari pihak lain.

    Ingat ! bukan kita saja yang menulis opini dan mengirimi ke media tapi beberapa orang yang lakukan hal tersebut tiap hari hingga team editor media akan lakukan penyeleksian yang mana akan diedarkan dan tidak diedarkan.

    Mempunyai kenalan di media cetak atau online

    Dahulu saat saya mengirimi tulisan pendapat, saya tidak mengenali siapa saja dalam redaksi media itu bahkan juga saya tidak pernah sampai ke kantor mereka. Saya cuman memperoleh alamat e-mail mereka lewat internet.

    Sekarang ini akan gampang tulisan opini kita diedarkan bila mempunyai rekan atau famili wartawan di media bikin atau online. Ini bukan bermakna tulisan kita tidak disaring namun kita akan dikasih tahu jika ada cerita tulisan kita yang perlu kita ubah atau ubah saat mereka terima kiriman tulisan kita. Beberapa kekurangan tulisan kita akan dikatakan oleh famili kita itu dan kita bisa secepat-cepatnya merubahnya dan mengirimi kembali. Ini berlaku untuk semuanya, baik media massa atau media online. tulisan selesai

    sekian artikel mengenai bagaimana menulis opini di  media online

    Posting Komentar untuk "cara menulis opini di media online"