-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

laptop cepat panas dan kipas berbunyi

Daftar Isi [Tutup]

    laptop cepat panas dan kipas berbunyi

    Penyebab laptop blue screen windows 10

    laptop cepat panas dan kipas berbunyi-Anda kemungkinan bertanya, kenapa netbook yang dipakai cepat sekali panas. Baru dipakai sesaat saja panasnya telah sangat terasa tinggi, khususnya pada casing sisi bawah dan di tempat keyboard.

    Umumnya jika netbook telah panas semacam ini, runtutan tanda-tanda setelah itu performa netbook sebagai lamban, bunyi kipas yang paling bising, mouse tidak dapat digerakkan (freezing), dan yang terberat ialah berlangsungnya blue screen.

    Perlu Anda kenali bila peningkatan temperatur pada netbook memang kebalikannya dengan performnya. Makin tinggi temperatur netbook karena itu performanya akan makin menurun.

    Bahkan juga panas yang telah melalui batasan dapat mengakibatkan CPU stop bekerja hingga mekanisme jadi crash. Di dunia computer, panas yang telah melalui batasan ini disebutkan dengan istilah overheat.

    Di bawah ini kami kumpulkan beberapa pemicu umum berlangsungnya overheat. Coba diamati, kurang lebih nomor berapapun yang terjadi pada netbook Anda.

    Pemicu netbook cepat panas dan overheat

    1. Sirkulasi netbook yang mampet

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 1

    Netbook mempunyai sirkulasi berbentuk beberapa lubang sebagai tempat masuk-keluarnya udara.

    Sirkulasi ini berperan sebagai jalan keluar udara panas yang diembuskan oleh kipas dalam netbook.

    Seiring waktu berjalan, kotoran dan debu akan bersusun dan tutup sirkulasi hingga menghalangi perputaran panas dari dalam netbook.

    Ini sudah pasti akan mengakibatkan temperatur netbook cepat naik karena udara panas terjebak dan tidak bisa dikeluarkan.

    Yang dapat Anda kerjakan untuk menanganinya ialah bersihkan sirkulasi netbook supaya kotoran dan debu yang melekat tidak menimbun dan merintangi keluarnya udara panas.

    2. Kipas netbook mati

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 2

    Pemicu khusus netbook jadi cepat panas ialah karena mekanisme pendinginan yang tidak berjalan dengan baik.

    Permasalahan ini sering dikarenakan oleh kipas intern netbook pada bagian CPU dan GPU tidak berperan dengan normal atau bahkan juga tidak hidup sama sekali.

    Sama dengan piranti elektronik biasanya, kipas netbook mempunyai periode gunakan yang terbatas.

    Kipas netbook yang umurnya telah tua dapat alami kerusakan di bagian kapasitor dan mengakibatkannya tidak dapat berfungsi.

    Bila demikianlah yang terjadi karena itu jalan keluar yang dapat Anda kerjakan ialah selekasnya menempatkan kipas yang baru.

    Bagaimanakah cara ketahui bila kipas netbook mati?

    Gampang saja, Anda dapat rasakan embusan udara yang keluar dari dalam sirkulasi. Bila di situ benar-benar tidak berasa ada udara panas yang diembuskan keluar, karena itu dapat ditegaskan kipas dalam netbook telah mati.

    Langkah yang lain dapat dengan memonitor perputaran kipas melalui program pantauan temperatur seperti HWMonitor. Anda akan tahu bila kipas telah mati karena di situ tidak ada perputaran sama sekali.

    3. Perputaran kipas yang melamban karena debu

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 3

    Berbicara mengenai pemicu overheat pada netbook umumnya tidak jauh dari kasus debu.

    Karena debu ialah partikel kotoran yang termudah masuk di sisi dalam netbook dan terjebak di sana.

    Selain kipas netbook yang mati keseluruhan, jumlahnya debu yang menimbun pada bagian kipas bisa juga menyebabkan netbook jadi cepat panas.

    Ini dikarenakan oleh perputaran kipas yang melamban hingga proses pendinginan elemen dalam netbook jadi tidak maksimal.

    Jalan keluar untuk menanganinya dengan buka casing netbook lalu bersihkan debu yang melekat pada elemen yang lain dan kipas.

    Anda dapat memakai kuas kecil dan blower untuk bersihkan beberapa bagian yang susah dicapai dan sempit.

    4. Penempatan netbook yang tidak pas

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 4

    Beberapa dari kita yang tidak memerhatikan di mana tempat menempatkan netbook saat dipakai.

    Sering kita menempatkannya di beberapa tempat yang malah memacu berlangsungnya overheat. Seperti meletakkannya di atas kasur, bantal, dan permukaan tidak rata yang merintangi jalan keluar panas dari dalam netbook.

    Sirkulasi udara pada netbook yang terhambat oleh beberapa benda seperti kain dan timbunan buku akan menyebabkan netbook cepat panas karena perputaran udara dalam netbook jadi tidak lancar.

    Menempatkan netbook di atas beberapa tempat itu membuat sirkulasi netbook rawan dimasuki kotoran dan debu.

    Jalan keluarnya ialah menempatkan netbook di permukaan yang kaku dan datar. Bila ingin memakainya di atas kasur karena itu berilah alas di bawahnya seperti cooling pad, papan, kardus, dan benda yang lain yang tidak mempunyai potensi menghalangi perputaran udara pada netbook.

    5. Thermal paste yang kering

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 5

    Thermal paste adalah media pengantar yang berperan salurkan panas dari prosesor ke arah pendingin (heatsink), baru selanjutnya dikeluarkan oleh kipas lewat sirkulasi netbook.

    Proses pendinginan ini cuman akan bekerja maksimal adanya thermal paste. Bila Anda telah kelamaan tak pernah menukarnya, karena itu thermal paste menjadi kering dan mekanisme pendinginan CPU akan terganggu.

    Bila ini yang terjadi, karena itu panas akan terjebak dan menimbun di bagian processor dan mengakibatkan berlangsungnya overheat.

    Untuk menahan ini terjadi karena itu Anda perlu lakukan pengujian thermal paste secara teratur minimal 1-2 tahun sekali.

    Anda dapat jadikan peningkatan temperatur yang mulai agresif pada netbook sebagai dasar untuk lakukan pengujian apa thermal paste telah tidak atau kering.

    6. Netbook dipakai untuk main game berat dalam waktu yang lama

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 6

    Netbook yang digunakan bekerja kelamaan tanpa interval bisa mengakibatkan kenaikan temperatur secara ekstrim pada elemen yang berada di dalamnya.

    Apa lagi bila program yang digerakkan lumayan berat seperti bermain game dengan diagram yang tinggi, lakukan koreksi dan rendering video, atau buka beberapa puluh tab browser.

    Pokoknya makin lama dan makin berat pekerjaan yang dilaksanakan karena itu panas pada netbook akan makin meningkat.

    Bila ini tidak disertai dengan proses pendinginan yang bagus karena itu netbook bisa alami overheat.

    Untuk menanganinya Anda dapat memakai cooling pad (kipas pendingin) dan memberi interval istirahat bila panas pada netbook telah begitu tinggi.

    7. upgrading dan overclocking yang kurang relevant

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 7

    Tidak boleh gampang tergoda dengan "provokasi" untuk up-grade karena sesungguhnya meningkatkan detail elemen akan tingkatkan penggunaan daya pada netbook.

    Beberapa dari kita kerap berasa tidak senang dengan detail bawaan netbook hingga tidak kuat untuk selekasnya menambahkan RAM, menukar VGA, dan elemen upgradeable lainnya.

    Walau sebenarnya lakukan up-grade elemen akan bawa resiko penggunaan daya yang lebih besar. Ini dapat mengakibatkan baterei cepat habis dan netbook jadi cepat panas dari biasanya.

    Sama seperti dengan lakukan overclock pada CPU dan GPU yang akan memaksakan elemen ini untuk bekerja secara ekstra.

    Netbook kemungkinan berasa bisa lebih cepat, tetapi sebagai resikonya netbook bisa menjadi benar-benar panas. Bila mekanisme pendinginan tidak mencukupi karena itu overheat bisa terjadi.

    Kami tidak menjelaskan up-grade dan overclock itu suatu hal yang jelek, tetapi lakukan dengan jeli dan teliti.

    8. Temperatur ruang

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 8

    Memakai netbook dalam ruang tertutup dengan temperatur yang hangat bisa juga menjadi salah satu pemicu overheat.

    Ini ialah factor yang jarang-jarang jadi perhatian, walau sebenarnya dampak temperatur ruang pada kenaikan panas netbook itu cukup besar.

    Sebagai contoh misalkan Anda bekerja siang hari dalam kamar, cuaca sedang terik, atap rumah Anda dibuat dari seng, jendela ditutup, dan sekalian hidupkan kipas. Dengan keadaan semacam ini karena itu dapat ditegaskan temperatur ruang akan berasa panas.

    Anda kemungkinan bisa menyamankan diri dengan duduk di muka kipas angin, tetapi itu tidak menolong untuk turunkan temperatur ruang tinggi. Efeknya netbook akan jadi benar-benar panas.

    Jalan keluarnya ialah selalu pakai netbook di ruang dengan perputaran udara yang baik. Jauhi memakai netbook di ruang tertutup di saat cuaca sedang terik, terkecuali bila ruang itu mempunyai AC.

    9.Virus dan malware

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 9

    Selain factor hardware overheat pada netbook bisa juga dikarenakan oleh ada software jahat yang memicu CPU bekerja dengan benar-benar terus-terusan dan keras.

    Anda kemungkinan tidak dapat menyaksikan prosesnya, tetapi umumnya pertanda virus ini sedang berlaga bisa dirasa.

    Netbook yang terkena virus akan nampak menggunakan resource yang tidak lumrah, walau tidak ada program yang digerakkan tetapi penggunaan CPU, RAM, dan DISK dapat capai 100%.

    Salah satunya contoh virus yang kerap mengakibatkan permasalahan semacam ini ialah virus shortcut dengan kekuatannya untuk simulasi diri secara terus menerus.

    Sebagai efeknya Anda akan rasakan performa netbook sebagai lelet, kipas yang paling bising, dan temperaturnya yang panas.

    Untuk menangani dan menahan ini supaya tidak ada karena itu Anda dapat lakukan full scan dengan memakai salah satunya antivirus terbaik ini.

    Janganlah lupa selalu untuk jaga antivirus masih pada kondisi up-date supaya bisa mengetahui beberapa virus tipe baru.

    10. Mekanisme operasi yang begitu berat

    pemicu netbook cepat panas dan overheat 10

    Pemicu netbook cepat panas yang paling akhir ialah pemakaian Mekanisme Operasi yang tidak sesuai detail netbook.

    Bila Anda memakai netbook tua dengan processor single core dan RAM 2GB misalkan, karena itu tidak boleh paksakan untuk meng-install Windows 10. Pakai OS yang lebih enteng seperti Windows 7 atau salah satunya distro Linux.

    Mekanisme Operasi yang begitu berat akan membuat netbook Anda bekerja tambahan semenjak awal. Mengakibatkan temperatur pada netbook akan jadi lebih gampang panas.

    Saat netbook alami overheat, apa yang perlu saya kerjakan?

    Bila netbook Anda terlanjur alami overheat karena itu hal pertama yang dapat dilaksanakan ialah coba mendinginkan netbook memakai cooling pad atau ventilator, bila panas telah terlalu berlebih karena itu matikan netbook ditambah dulu.

    Anda mulai bisa lakukan pengujian apa sisi sirkulasi netbook tertutup debu, jika memang perlu membuka casing netbook dan membersihkan sisi dalamnya. Check apa kipas CPU dan GPU masih berperan dan tukar pasta thermal sama yang baru.

    Nyalakan kembali netbook dan check adakah program berat yang berjalan, bisa saja netbook Anda terkena virus hingga memaksakan bekerja secara ekstra.

    Ringkasan:

    Sama dengan alat elektronik lain biasanya, netbook akan hasilkan panas saat dipakai.

    Panas pada netbook adalah suatu hal yang lumrah terjadi. Tetapi netbook telah diperlengkapi dengan proses pendinginan yang akan menahan panas begitu tinggi.

    Bila Anda mulai rasakan panas pada netbook telah melewati batasan, karena itu Anda perlu siaga jangan-jangan netbook Anda alami overheat.

    Pemicu overheat yang umum terjadi pada netbook ialah kotoran dan debu yang menimbun, perputaran panas yang tidak lancar, pekerjaan yang begitu berat, sampai infeksi malware dan virus.

    Sesudah membaca keterangan di atas, kurang lebih factor yang mana paling punya pengaruh pada overheat di netbook Anda? Kami nantikan gagasannya di kolom komentar.

    Posting Komentar untuk "laptop cepat panas dan kipas berbunyi"