Masalah blue screen windows 7

Blue screen adalah permasalahan netbook yang kerap terjadi secara tiba-tiba. Entahlah ketika bermain games, kerjakan pekerjaan, atau sekedar searching

Masalah blue screen windows 7

Blue screen adalah permasalahan netbook yang kerap terjadi secara tiba-tiba. Entahlah ketika bermain games, kerjakan pekerjaan, atau sekedar searching, netbook Anda bisa alami blue screen.

Permasalahan blue screen ini dapat terjadi keseluruh sistem operasi, terutamanya Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Disamping itu, blue screen bisa juga terjadi kesemua merek netbook, maka memang tidak pandang bulu.

Maka blue screen ialah keadaan di mana monitor netbook cuman memperlihatkan latar belakang warna biru dengan tulisan tertentu. Tulisan itu umumnya terkait dengan pemicu dari blue screen, jadi Anda dapat memakainya sebagai bahan analisis.

Untuk Anda yang alami blue screen pada netbook, kesempatan ini saya akan memberi cara-cara yang dapat Anda pakai untuk menanganinya. Langkah yang akan saya uraikan akan saya urutkan dari yang termudah sampai yang cukup susah.

Masalah blue screen windows 7


Langkah Menangani Blue Screen di Netbook 

Saat sebelum masuk di langkah menangani netbook blue screen, tidak ada kelirunya mengenali pemicunya ditambah dulu. Pemicu netbook blue screen sendiri dapat disebabkan software atau hardware.

Biasanya, permasalahan ini muncul karena sistem Windows yang alami error, entahlah itu corrupt atau crash. Dengan begitu, karena itu Windows tidak dapat meneruskan prosesnya dan pada akhirnya terjadi blue screen.

Baik, di bawah ini ialah cara-cara yang dapat dipakai untuk menangani netbook blue screen:

  1. Restart Netbook 

Restart ialah langkah paling basic yang dapat dilaksanakan saat netbook alami blue screen. Cara ini benar-benar tidak menjamin permasalahan blue screen dapat terselesaikan, tetapi pada beberapa kasus, langkah ini sukses menangani blue screen.

Karena saat blue screen kita tidak dapat lakukan restart dengan perintah Windows, karena itu kita harus lakukan restart secara paksa. Untuk melakukan, silakan pencet tombol power sesaat sampai netbook mati.

Sesudah netbook mati, silakan hidupkan kembali netbook seperti biasanya. Kemudian, Anda akan dibawa booting ke sistem operasi. Bila sukses, karena itu Anda dapat masuk di Windows, tetapi bila tidak berhasil, jadi Anda akan menjumpai blue screen lagi.

    2. Scan Virus 

Kadang, netbook blue screen dikarenakan oleh ada virus yang serang sistem Windows. Virus itu masuk dan serang beberapa mekanisme penting seperti driver atau software yang mempunyai peranan utama pada sistem operasi.

Karena itu, cara yang dapat diambil untuk menanganinya dengan lakukan scan dengan antivirus. Berkaitan antivirus yang dipakai, Anda dapat memakai antivirus gratis atau berbayar. Untuk pemakai Windows, Anda dapat memakai Windows Defender untuk lakukan scan.

    3. Restore Sistem Windows 

Sistem Restore ialah feature bawaan Windows yang dapat Anda pakai untuk kembalikan sistem saat sebelum merasakan kasus, dalam masalah ini yaitu permasalahan blue screen pada netbook.

Untuk lakukan sistem restore triknya lumayan gampang, Anda tidak membutuhkan software tambahan karena semua sudah dipersiapkan oleh Windows.

Untuk merestore sistem Windows, silakan turuti cara di bawah ini:

- Pertama, silakan matikan netbook Anda lebih dulu.

- Kemudian, hidupkan netbook lalu pencet tombol F8 saat proses booting. Seterusnya Anda akan menyaksikan beberapa pilihan Safe Mode, silakan tentukan Safe Mode.

- Sesudah sukses masuk di Safe Mode, silakan membuka menu Sistem Restore. Triknya dengan click Windows > click penelusuran lalu tuliskan Control Panel > sesudah Control Panel terbuka, tentukan Sistem dan Security.

- Seterusnya, sesudah Sistem dan Security terbuka, tentukan Action Center > Recovery > Open Sistem Restore.

- Sesudah masuk di Sistem Restore, silakan Anda tentukan tanggal yang diharapkan (tanggal saat belum ada permasalahan blue screen). Tetapi, Anda juga bisa mengikut referensi dari Windows dengan tentukan standar saja.

- Sesudah Anda tentukan, silakan click Next lagi hingga Finis, seterusnya click Yes.

- Nantikan proses restore selesai.

Proses restore ini dengan diawali netbook yang restart secara automatis, kemudian proses restore akan berjalan. Silakan tunggu hingga proses usai, sesudah usai, silakan Anda pakai netbook sesaat untuk memeriksa masihkah terjadi blue tidak atau screen.

Baca Juga : Cara mengatasi blue screen windows 10 dengan cmd

    4. Repair Sistem Operasi 

Lakukan repair Windows mempunyai maksud untuk membenahi error yang terjadi pada Windows, terhitung soal blue screen ini.

Untuk lakukan repair Windows, Anda memerlukan media berbentuk file sistem operasi, bisa DVD atau bootable flashdisk. Bila belum punyai, Anda dapat membuat lebih dulu.

Bila media siap, silakan turuti cara berikut ini:

- Pertama, silakan masuk BIOS lebih dulu. Triknya, hidupkan netbook Anda lalu pencet tombol F2, Del, Esc, atau tombol lain (tombol tiap netbook umumnya berbeda).

- Kemudian, ganti boot jadi DVD atau flashdisk, bergantung media yang Anda gunakan. Sesudah ditata, taruh transisi dengan click Save Changes and Reset.

- Seterusnya netbook akan restart otomatis. Saat tampil tulisan Press any key to… silakan pencet tombol apa saja.

- Pada halaman seterusnya, silakan mengatur bahasa jadi bahasa Indonesia lalu click Next.

- Kemudian, click Repair your computer dan nantikan beberapa saat.

- Pada Sistem recovery tool, silakan tentukan Use recovery tools lalu click Next.

- Seterusnya Anda akan hadapi dengan beberapa opsi, silakan tentukan Startup Repair (saksikan gambar di atas) dan nantikan proses selesai.

- Kalau sudah usai, silakan click Finis.

     5. Check Hardware 

Sama seperti yang saya ucapkan awalnya, pemicu netbook blue screen itu bisa disebabkan hardware atau software. Nah, karena itu, kita harus juga lakukan pengujian pada hardware saat alami blue screen.

Salah satunya hardware yang terkait kuat dengan permasalahan ini ialah RAM. Saat RAM telah hancur, karena itu salah satunya permasalahan yang akan terjadi ialah netbook blue screen.

Untuk memeriksanya, Anda dapat memakai BIOS. Silakan saksikan apa RAM netbook Anda bisa dibaca tidak atau semua. Bila ada RAM yang tidak bisa dibaca, karena itu langkah pertama yang dapat dilaksanakan dengan membersihkannya.

Untuk bersihkan RAM, Anda dapat memakai penghapus karet. Silakan membersihkan di bagian kuningan RAM itu. Kalau sudah, silakan pasang lagi pada tempatnya.

Kecuali RAM, Anda pun harus memeriksa keadaan hardisk. Yakinkan hardisk yang Anda pakai masih 100% kesehatannya. Untuk memeriksa keadaan kesehatan hardisk, silakan pakai program Hardisk Sentinel.

    6. Install ulang windows

Bila beberapa cara di atas tidak ada yang sukses, karena itu langkah terakhir yang dapat Anda pakai ialah install ulang sistem operasi netbook.

Seperti pengalaman saya tempo hari saat memperbaiki computer tetangga yang blue screen. Saya telah lakukan beberapa langkah sama seperti yang saya sebut awalnya tetapi hasilnya kosong.

Pada akhirnya, saya memilih untuk lakukan install ulang pada netbook itu. Alhamdulillah permasalahan blue screen telah terselesaikan dan netbook bisa dipakai dengan normal.

Nah, itu cara-cara menangani netbook blue screen yang dapat Anda gunakan. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna dan menolong Anda dalam menangani netbook blue screen.

Baca Juga